Laptop Hang? Coba Atasi Dengan 5 Cara Ini

Harga Asus Vivobook terbilang terjangkau untuk semua kalangan. Rencana membeli laptop baru ini biasanya disebabkan adanya kerusakan pada laptop yang sudah dimiliki. Ya, permasalahan yang seringkali dialami laptop adalah laptop yang mendadak hang.

Hang adalah kondisi saat laptop menjadi berhenti seketika dan tidak bisa dioperasikan. Dalam kondisi ini pasti Anda merasa kesal, apalagi laptop yang mengalami hang terjadi pada saat yang tidak tepat. Seperti ketika sedang dipakai membuat laporan, mengerjakan final project dan lain sebagainya.

Mengatasi Laptop yang Hang

Ada kalanya laptop ini akan menampilkan notif "Not responding" atau tidak bisa merespon perintah dari user, yang dibarengi kursor tidak bergerak, layar menjadi putih dan akhirnya macet total. Menyebalkan sekali bukan? Nah, kali ini artikel akan memberikan informasi terkait apa saja yang harus dilakukan user saat mengetahui laptop sedang mengalami hang. Berikut ulasannya :

1. Hang saat melakukan booting
Dalam hal ini, tindakan yang pertama kali adalah merestart laptop dan masuk kedalam mode BIOS kemudian ikutilah perintah-perintah yang ada. Namun, ada juga beberapa laptop yang langsung menekan tombol f2. Jika sudah berada dalam menu BIOS, Anda bisa memilih advanced BIOS Features dan carilah BIOS Cache kemudian disable kan. Setelah itu tekan tombol f10 dan enter.

2. Hang saat starting
Hang adalah salah satu peristiwa error yang tidak mengenal waktu. Bisa sewaktu Anda baru menyalakan laptop, hang sudah terjadi. Bisa juga pada saat pertengahan mengerjakan tugas, bisa juga pada saat selesai.

Jika pada saat start up laptop sudah hang, ada beberapa kesalahan yang terjadi, seperti: Program windows yang tiba-tiba bermasalah karena missing file system, corrupt atau virus. Ini bisa diatasi dengan melakukan scan virus dengan CCleaner atau antivirus lainnya. Hingga RAM dan kipas yang mulai kotor. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa membersihkan RAM dengan penghapus karet. Untuk kipas bisa menggunakan kuas atau vacum cleaner.

3. Hang saat not responding
Laptop apa pun mampu mengalami not responding, namun kadang laptop akan normal dalam beberapa saat. Tapi jika not responding berlangsung lama, maka cara yang bisa dilakukan adalah Ctrl + Shift + Esc dan pilih program yang mengalami not responding, kemudian klik end task. Cara lain, yaitu menekan Ctrl + Alt + Dell, jika ingin mengakhiri semua aktivitas bisa memilih Log off atau restart.

4. Hang saat browsing
Jika hang ini terjadi saat Anda membuka browser dan mendownload aplikasi, biasanya hang ini disebabkan karena laptop sudah terserang virus atau malware. Cara mengatasinya adalah dengan rajin melakukan scanning program menggunakan antivirus. Penyebab lainnya yaitu history browser terlalu banyak dan belum Anda hapus. Oleh karena itu, hapuslah cache browser.

5. Hang saat bermain game tertentu
Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan hang saat Anda bermain game. Biasanya kesalahan yang paling sering adalah tidak mengetahui jika spesifikasi laptop kurang memadai, kipas laptop yang pada saat itu digunakan mengalami off, atau harddisk yang tiba-tiba bermasalah dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengatasinya mudah. Anda cukup ketahui dulu spesifikasi laptop yang dimiliki serta game yang diinstall. Kemudian lihatlah kipas yang dipasang apakah masih bagus atau tidak. Jika sudah tidak layak dipakai, Anda bisa membeli yang baru untuk menggantinya. Selain itu, Anda harus memeriksa keadaan RAM dan VGA Card, kemudian uninstall aplikasi game tersebut.

Bagaimana Jika Hang total?
Harga Asus Vivobook memang terjangkau. Walaupun demikian laptop tetaplah laptop, bisa mengalami hang total di waktu-waktu tertentu. Dimana laptop benar-benar tidak bisa dioperasikan lagi. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Seperti Ctrl + Alt + Dell, kemudian arahkan menggunakan keyboard ke Log off untuk windows 7 dan Sign Out untuk windows 10 atau pilih restart hingga shut down. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda saat itu.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan ketika laptop tiba-tiba hang. Permasalahan ini memang sering muncul pada laptop, namun tetap saja ini dapat mengganggu aktivitas Anda. Apabila laptop semakin sering mengalami hang, bisa jadi laptop memang sudah waktunya pensiun dan diganti dengan yang baru. Lagi pula Harga Asus Vivobook ini relatif terjangkau. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membelinya.

Lebih dari itu Anda bisa membelinya dengan mudah, cukup memanfaatkan situs belanja online Bukalapak. Yup, Bukalapak menjadi salah satu marketplace yang direkomendasikan untuk Anda ketika ingin belanja kebutuhan gadget maupun lainnya. Semua harga juga sudah dicantumkan, begitu pula harga Asus Vivobook yang bisa di cek disana. Kualitas produk yang ditawarkan pun terjamin, sehingga Anda bisa belanja dengan aman dan tenang.

0 komentar