Mari Berdonasi untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

"Mengerikan dan menyayat hati" Itulah kiranya kata-kata yang bisa mewakili gambaran yang kita dapatkan dari berita-berita maupun video serta gambar-gambar (foto) yang tersebar di sosial Youtube dan media pasca terjadinya guncangan gempa berkekuatan 7,4 skala richter yang disusul kemudian oleh tsunami, kedua bencana terjadi pada hari Jumat tanggal 28 September 2018 lalu.
Akibat gempa dan tsunami tersebut, Kabupaten Donggala dan kota Palu, Sulawesi Tengah saat ini layaknya sebuah kota mati. Jumlah korban jiwa yang mencapai 1000 orang lebih, ratusan bangunan serta fasilitas umum yang luluh lantak, serta tidak kurang dari Rp16.000 pengungsi membuat kita terenyuh.

Saudara-saudara kita yang terdampak gempa maupun tsunami saat ini sangat membutuhkan uluran tangan. Yang bisa disalurkan melalui berbagai lembaga yang biasanya dapat ditemukan dengan mudah apabila kita mengetikkan kata kunci "Donasi Palu" di Google.
Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola telah menetapkan tanggap darurat gempa selama 2 minggu (14 hari) pasca terjadinya gempa dan tsunami. Terhitung mulai tanggal 28 September sampai dengan 11 oktober 2018.

Tanggap darurat ini dikeluarkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah untuk memudahkan pemerintah maupun masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan bagi para korban gempa dan tsunami.

Bagi Anda yang ingin menyalurkan donasi Palu tapi bingung bagaimana dan ke mana harus menyalurkan dana, Anda bisa mencoba menyalurkan dana bantuan melalui:

Aksi Cepat tanggap (ACT)
ACT merupakan yayasan sosial dan kemanusiaan yang didirikan pada tahun 2005 dan selalu aktif menggalang serta menyalurkan bantuan ke berbagai daerah yang mengalami bencana. Yayasan sosial dan kemanusiaan ini bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar yang tergabung sebagai mitra pendukung. Untuk donasi Palu, ACT membuka penggalangan dana dengan tajuk "Bersama Bantu Palu Donggala."
Jika ingin berdonasi melalui ACT Anda bisa mengirimkan donasi melalui beberapa rekening di bawah ini yang tercatat atas nama "Aksi Cepat Tanggap."
  • Bank Mandiri 101 000 4802 482
  • BRI 0382 01 00077 0306
  • Bank Syariah Mandiri 706 854 2973
  • BNI Syariah 0270 360 372
  • BCA 676 060 5555
Jika ada pertanyaan maupun informasi yang ingin Anda ketahui, Anda bisa membuka laman act.com atau menghubungi kontak WhatsApp 0811-1102-342.

Donasi Palu melalui toko online
Bagi Anda yang biasa berbelanja online atau memiliki poin (kredit) di toko online, Anda juga bisa menyalurkan bantuan langsung melalui aplikasi olshop. Seperti Bukalapak atau yang lainnya.

Contoh, Donasi Palu melalui aplikasi Bukalapak:
  1. Buka aplikasi Bukalapak
  2. Jika Anda memiliki dana cashback atau kredit di toko online Bukalapak, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk disalurkan sebagai donasi Palu
  3. Setelah Anda membuka aplikasi Bukalapak dan login. Temukan halaman Dompet Credit terdapat menu Favorit dan salah satunya adalah menu BukaDonasi Palu
  4. Tap pada BukaDonasi Palu, lalu gulirkan ke bagian bawah dan Anda bisa memilih jumlah donasi yang ingin Anda berikan mulai dari kelipatan Rp 100, Rp 1000, hingga Rp 1 juta
  5. Setelah itu, ketuk/tap menu Lanjut. Lalu isi data diri Anda
  6. Kemudian tekan lagi menu Lanjut hingga proses selesai
Selain dengan dua cara di atas, Anda juga tetap bisa memberikan donasi Palu melalui lembaga-lembaga lain. Termasuk lewat aksi penggalangan dana yang digalang oleh nama-nama beken seperti Ridwan Kamil yang bisa Anda temukan di laman Kitabisa.com.

Anda juga bisa menyalurkan bantuan melalui bank seperti BRI Syariah dengan nomor rekening 1003987716 atas nama "Infaq Shadaqah BRIsyariah." Bisa juga melalui penggalangan dana yang dilakukan oleh Institut pendidikan seperti Universitas Indonesia maupun UGM Yogyakarta.

Bagi Anda mahasiswa dan alumni universitas UGM atau masyarakat Yogyakarta, Anda bisa menyalurkan bantuan melalui rekening BNI 8880101972 atas nama "UGM KPU Rektor Dompet Bencana." Sedangkan bagi Anda alumni UI atau mahasiswa serta masyarakat Jakarta, Anda bisa menyalurkan bantuan melalui Universitas Indonesia di nomor rekening BNI 27-300-1277 a/n "UI Peduli".

0 comments