HIV / AIDS : Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya

HIV / AIDS : Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya

INFOBDL.NETHIV / AIDS : Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya. HIV merupakan virus yang menyerang sel darah putih di dalam tubuh (limposit) yang mengakibatkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Orang yang darahnya terdapat virus HIV, dapat saja tampak seperti sehat dan belum membutuhkan pengobatan.

Advertisement

Pengidap penyakit menular dan mematikan HIV/AIDS memiliki angka yang terus meningkat seperti gunungan es. Faktor resiko tertinggi adalah hubungan seks yang tidak aman pada heteroseksual, penggunaan jarum suntik tidak steril pada penasuntik, homoseksual, beserta faktor lainnya yang berasal ketidaktahuan secara mendalam tentang HIV/AIDS.

Kelompok perempuan terutama ibu rumah tangga dan remaja putri yang diperkirakan 2,5 kali lebih tinggi beresiko terinfeksi HIV/AIDS dibanding laki-laki atau remaja putra. Perempuan merupakan kelompok paling rentan terhadap infeksi HIV, karena dalam hal ini mereka tidak memiliki nilai tawar dalam keluarga dan masyarakat untuk mengontrol perilaku seksual kaum lelaki, serta dalam menentukan pilihan hubungan yang aman.

Selain itu disebabkan pula oleh kurangnya akses pelayanan publik untuk mendapatkan informasi/pelayanan maupun pengobatan HIV/AIDS, faktor lainnya adalah kemiskinan dan peneggakan hukum negara. Dibuktikan dengan masih tingginya angka trafficking, prostitusi dan lainnya yang menjadikan perempuan sebagai korban dan berbagai perilaku beresiko.

Saat ini masyarakat beranggapan ketika mendekati dan beraktivitas dengan orang yang terkena virus HIV akan menular. Hal tersebut hanyalah mitos, karena HIV/AIDS tidak menular di kolam renang umum, tidak menular melaui batuk/bersin, tidak menular melalui gigitan nyamuk, tidak menular dengan berbagai alat makan bersama, dan tidak menular dengan berjabat tangan. Maka dari itu penyakit HIV/AIDS dapat kita jauhi dengan tidak melakukan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.

Miris sekali mendengarnya jika saat ini masih banyak orang yang beranggapan seperti itu, menjauhi orang yang terjangkit virus yang sebenarnya tidak menular dalam aktivitas sehari-hari selain berhubungan seks. Menyebabkan orang yang terjangkit virus menjadi tidak bisa bergaul, tidak memiliki teman, dan masa depannya pun hancur karena terebut.

Bukan hanya orang dewasa saja yang saat ini terjangkit virus itu, bahkan pemuda saat ini banyak yang terkena serangan HIV/AIDS. Pemuda yang disebut masa depan bangsa, memiliki peran penting dalam membangun negeri ini. Pemuda yang terkena HIV/AIDS harus kita beri semangat dan motivasi agar tetap beraktivitas seperti orang biasa agar mereka dapat meraih masa depan yang cerah untuk pembangunan negeri ini, bukan malah menjauhinya seakan akan mereka memiliki kesalahan yang besar dan tidak patut bergaul dengan orang yang sehat.

Essay ini ditulis Oleh : M. Fadhilla Perdana
Mahasiswa Agribisnis Semester III POLINELA

---
Demikian informasi mengenai "HIV / AIDS : Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement




MENU