Tips Berbelanja Online Dengan Aman

INFOBDL.NET - Tips Berbelanja Online Dengan Aman. Pertumbuhan pengguna internet didunia semakin meningkat, begitupun di Indonesia. Perkembangan teknologi telah mendorong penggunaan internet ke level yang lebih advanced. Hampir semua piranti berteknologi canggih memanfaatkan internet untuk dapat saling terhubung. Teknologi dan internet telah mengambil peran dalam membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah. Berbelanja misalnya, hanya dengan beberapa ketukan jari di layar ponsel pintar kita dapat berbelanja apapun, dan langsung di kirim kemanapun sesuai keinginan kita.
Namun demikian, kemudahan tersebut terkadang di manfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat curang, seperti menipu dan lain sebagainya. Banyak kasus dimana jual-beli secara online tidak berjalan sesuai keinginan, bisa saja penjual yang melakukan hal yang curang, atau justru pembelinya. Nah agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini informasi dari kami tentang Tips Berbelanja Online Secara Aman.

Tips Berbelanja Online Dengan Aman

1. Pastikan berbelanja di website atau toko online terpercaya.
Ada banyak toko online atau market place, atau ecommerce, atau apapun sebutannya di internet. sebagian mungkin kita kenal karena iklannya sering muncul di layar televisi, sebagiannya tidak. Saran dari kami silahkan berbelanja dari website yang sudah benar-benar anda ketahui, misalnya dari iklan televisi yang telah kami sebutkan sebelumnya.

2. Keamanan Toko Online
Jika Anda ingin berbelanja dari toko online yang tidak anda ketahui sebelumnya, pastikan website tersebut aman dan terpercaya. salah satu caranya adalah dengan melihat alamat website pada browser anda. Jika di awal alamat web terdapat lambang gembok berwarna hijau di ikuti nama perusahaan kemudian di ikuti dengan alamat website dengan URL https://, dapat di pastikan website tersebut aman.

3. Periksa Reputasi Penjual
Hampir semua toko online besar yang ada di Indonesia saat ini berupa market place. yaitu toko online dengan banyak penjual di dalamnya. Untuk menghidari hal-hal yang tidak di inginkan pastikan anda selalu memeriksa reputasi penjual. Misalnya sudah berapa banyak produk yang dia jual, sejak kapan bergabung diwebsite tersebut, jangan lupa lihat juga ulasan atau review dari pembeli lainnya.

4. Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Murah
Saat ini banyak sekali produk-produk imitasi yang beredar di pasaran. Baca keterangan produk dengan teliti, jika perlu tanyakan langsung ke penjual perihal spesifikasi produk yang ingin anda beli. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin, bandingkan harga dengan toko oline lainnya. Jika terdapat keganjilan-keganjulan, saran kami silahkan beralih kepenjual lainnya.

5. Simpan Bukti Pembayaran
Sebelum membeli produk yang kita inginkan, pastikan anda telah membaca sistem pembayaran yang berlaku di toko online tersebut. pilih metode pembayaran yang menurut Anda paling aman, dan jangan lupa simpan bukti pembayaran serta bukti transaksi lainnya untuk dipergunakan kemudian hari jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

6. Cash On Delivery
Untuk toko online yang menggunakan sistim COD (cash on delivery) atau pembayaran ditempat. pilihlah tempat-tempat yang aman untuk pertemuan, misalnya di rumah atau di kantor. Hindari pertemuan di tempat-tempat yang sepi atau tidak familiar bagi anda. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, ajaklah teman atau kerabat dalam transaksi tersebut supaya menjadi lebih aman.

Demikan informasi tips berbelanja online dari kami, namun sebelumnya ada sedikit tips tambahan yang ingin kami berikan agar belanja online anda semakin menyenangkan. berikut tipsnya :
  1. Belanjalah di saat diskon. banyak toko online memberikan diskon pada hari-hari besar atau pada moment-moment tertentu.
  2. Daftar newslatter pada toko online yang benar-benar anda percaya atau sukai untuk mendapatkan update produk terbaru dan tentu saja diskon
  3. Berbelanjalah saat promo harbolnas. Apa itu harbolnas? harbolnas adalah kependekan dari hari belanja online nasional, pada moment tersebut banyak toko online memberikan diskon gila-gilaan.

0 comments