Cara Mencegah Demam Berdarah

INFOBDL.NET - Cara Mencegah Demam Berdarah. Demam berdarah atau yang sering kita kenal dengan singkatan DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Meskipun sosialisasi pencegahan demam berdarah telah di lakukan sejak dulu, namun nyatanya masih banyak orang yang terkena penyakit ini. Hal ini disebabkan karena iklim hangat yang terdapat di Indonesia merupakan habitat yang cocok untuk nyamuk, termasuk nyamuk Aedes Aegypti ini.
Untuk itu proses pencegahan penyakit demam berdarah dari luar saja tidak cukup, anda juga harus melakukan pencegahan dari dalam (tubuh) atau yang dikenal dengan nama pencegahan sekunder. Anda harus memiliki keasadaran penuh akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak mudah terjangkit berbagai penyakit, termasuk penyakit demam berdarah. Pencegahan dari dalam yang dapat anda lakukan yaitu :

Cara mencegah demam berdarah dari dalam tubuh

  1. Usahakan memiliki waktu istirahat yang cukup, tidak memaksakan untuk kerja saat lelah
  2. Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk tubuh, di karenakan buah-buahan dan sayuran mengandung banyak antioksidan sehingga dapat membantu mencegah terjangkit demam berdarah.
  3. Anda harus menghindari pekerjaan atau sesuatu yang bisa membuatnya stres karena stress dapat menurunkan kekebalan tubuh kita sehingga secara tak sadar pada saat Anda digigit nyamuk (Aedes Aegypti), maka akan kena demam berdarah.
Namun demikian, sebenarnya tidak semua orang yang digigit nyamuk Aedes Aegypti dapat langsung terkena virus demam berdarah, melainkan terdapat stadium-stadium tertentu yang menentukan penyakit tersebut untuk berkembang. Selain melakukan pencegahan dari dalam harus dilakukan pencegahan dari luar juga seperti melakukan langkah 3M yang telah banyak disosialisasikan di masyarakat, yaitu :

Cara mencegah demam berdarah

  1. Menguras tempat penyimpanan air
  2. Menutup tempat penampungan air
  3. Menutup barang bekas yang dapat menampung air.
Untuk antisipasi lebih lanjut, lakukan penyemprotan dan menaburkan bubuk abate. Hal tersebut bertujuan untuk memotong siklus nyamuk dewasa dan memotong siklus jentik-jentik. Nah semoga dengan mengetahui cara pencegahan penyakit demam berdarah, anda dan keluarga serta orang-orang sekitar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

0 comments