JNE Luncurkan Aplikasi MyJNE Untuk Memudahkan Pelanggan

JNE Luncurkan Aplikasi MyJNE Untuk Memudahkan Pelanggan
Gambar : www.jne.co.id

INFOBDL.NETJNE Luncurkan Aplikasi MyJNE Untuk Memudahkan Pelanggan. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih di kenal dengan nama JNE baru-baru ini meluncurkan aplikasi MyJNE untuk para pengguna smartphone android. Berbagai fitur di hadirkan dalam aplikasi tersebut, seperti di antaranya adalah fitur Tracking, Cek tarif, JNE Nearby, My COD dan My COD Wallet. Menurut Mayland Hendar Prasetyo Marketing Communication Division JNE saat berbincang-bincang dalam acara KopdarMyJNE dihotel Horizon Bandar Lampung (31/8/2016), beliau mengatakan bahwa aplikasi tersebut di hadirkan untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan berbagai layanan dari JNE.

Advertisement

Dalam acara kopdarMyJNE Pak Mayland juga menerangkan cara menggunakan serta kelebihan aplikasi MyJNE yang disambut antusias oleh awak media dan anggota Tapis Blogger (Komunitas Blogger lampung) yang turut hadir dalam acara tersebut. Tak ayal kami pun tidak sabar untuk segera mencoba aplikasi MyJNE yang di gadang-gadang menelan biaya hingga milyaran hanya untuk membeli server dengan spesifikasi yang besar agar mampu menampung seluruh penggunanya. Setelah mendengar penjelasan dari Pak Meyland, peserta pun mencoba mengunduh aplikasi MyJNE dari play Store yang langsung terinstal secara otomais, cepat dan mudah.

JNE Luncurkan Aplikasi MyJNE Untuk Memudahkan Pelanggan
screenshoot : google playstore

Dari segi ukuran aplikasi ini tergolong sangat kecil, hanya 7.3MB saat di download dan menjadi 22MB setelah di instal, Bandingkan dengan aplikasi lain seperti facebook misalnya, yang berukuran 43MB saat di download dan menjadi 266MB ketika sudah di instal. Karena ukurannya yang kecil ini, aplikasi MyJNE menjadi sangat ringan ketika di gunakan.

JNE Luncurkan Aplikasi MyJNE Untuk Memudahkan Pelanggan
Screensoot dokumentasi infoBDL

Saat pertama kali dibuka, MyJNE akan menampilkan gambar slide fitur-fitur yang dimilikinya seperti gambar dibawah ini. Kemudian setelah aplikasi terbuka, yang akan kita lihat pertama kali di halaman home adalah fitur MY Shipment dan Check tarif yang dibawahnya langsung diikuti oleh tab-tab yang menuju ke fitur JNE Nearby, My Cod, dan My Cod Wallet. di halaman Home bagian atas ada gambar slide yang mempromosikan layanan JLC (Jne Loyalty Card) dan Pesona. sayangnya ketika di sentuh (tap/klik) tidak terjadi apa-apa, sehingga tidak ada informasi tambahan dari gambar-gambar tersebut, kami juga sedikit kesulitan ketika mencoba membacanya, karena slide tersebut terus bergerak meski sudah di sentuh-tahan (tap and hold)

JNE Luncurkan Aplikasi MyJNE Untuk Memudahkan Pelanggan
Screenshoot MyJNE – Dokumentasi infoBDL

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Aplikasi MyJNE memiliki banyak fitur, seperti Tracking, Cek tarif, JNE Nearby, My COD dan My COD Wallet. berikut akan kami coba ulas fitur-fitur tersebut satu per satu.

1. Fitur Tracking atau MY Shipment
Fitur MY Shipment berada di halaman home, berfungsi untuk melacak kiriman barang. pelacakan dapat di lakukan dengan 2 cara, yaitu mengisikan nomor lacak yang terdapat di resi JNE atau menggunakan fitur pindai / scan. Setelah di coba fitur ini bekerja dengan sangat baik, menampilkan keterangan dari mulai barang diproses, transit, sampai ke tangan penerima.

2. Fitur Check Tarif
Dengan fitur ini kita bisa mengetahui tarif yang di kenakan oleh JNE terhadap barang yang kita kirim berdasarkan berat, ukuran panjang kali lebar, serta paket pengiriman JNE yang akan kita gunakan : YES, REG, OKE. saat kami menginstal aplikasi ini (31/8/2016), layanan cek tarif bekerja dengan baik, namun 2 hari belakangan (7-8/9/2016) fitur ini tidak bekerja padahal jaringan internet cukup baik. Kemungkinan ada gangguan teknis di server JNE karna sepertinya database tarif JNE ini tidak disimpan secara offline di aplikasi.

3. Fitur JNE Nearby
JNE Nearby adalah salah satu fitur di MyJNE yang memberikan informasi dimana lokasi agen JNE terdekat dengan lokasi kita berada. Fitur ini dapat digunakan dengan mengaktifkan GPS pada settingan smartphone android kita. Meskipun fitur ini sangat menarik dan bermanfaat, namun sayangnya ketika kami mencobanya menggunakan smartphone Asus Zenfone 2 dan xiaomi redmi note 2, kami tidak berhasil menemukan lokasi JNE terdekat di aplikasi tersebut, mungkin ini berhubungan dengan masalah server yang kami sebutkan di poin 2 diatas, namun sampai saat ini kami belum bisa memastikannya.

4. My COD dan MY COD Wallet
My COD dan My COD Wallet sengaja kami gabungkan pembahasannya, karana fitur ini saling berhubungan dan sangat menarik. Jika kita sebelumnya tahu bahwa COD (cash on delivery) adalah layanan pembayaran di tempat saat barang datang ketika berbelanja sesuatu, beda halnya dengan MY COD (cash on digital). fitur ini berfungsi sebagai rekening bersama. ketika kita berbelanja di market place misalkan tokopedia atau bukalapak, mereka memfasilitasi merchant (pelapak) yang berjualan dengan pembeli melalui rekening bersama yang di kelola olah marketplace tersebut dengan alasan keamanan. bagaimana jika kita menggunakan marketplace yang tidak memiliki rekening bersama seperti OLX atau berbelanja di toko online yang tidak memiliki layanan tersebut. My COD adalah jawabannya, JNE memfasilitas hal tersebut agar penjual dan pembeli merasa aman dan nyaman, dan tidak perlu repot-repot karena pengiriman sudah pasti di urus oleh JNE. Lalu bagaimana dengan My Cod Wallet? COD walet adalah dompet virtual yang berfungsi untuk melakukan pembayaran yang di lakukan melalui layanan My Cod, lengkap, aman, nyaman, penjual dan pembeli senang :)

Demikian sedikit ulasan dari kami mengenai penggunaan aplikasi MyJNE, semoga aplikasi ini dapat berkembang menjadi lebih baik lagi, karena tentunya aplikasi ini sangat berguna bagi masyarakat Indonesia, khususnya pengguna jasa layanan JNE.

Anda tertarik menggunakan aplikasi MyJNE? Download aplikasinya melalui link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.indivara.jneone

---
Demikian informasi mengenai "JNE Luncurkan Aplikasi MyJNE Untuk Memudahkan Pelanggan". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement



Jadilah Yang Pertama Berkomentar


Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*



MENU