4 Tips Untuk Meringankan Sakit Kepala

4 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Meringankan Sakit Kepala
4 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Meringankan Sakit Kepala

INFOBDL.NET4 Tips Untuk Meringankan Sakit Kepala. Sakit kepala sangatlah menganggu, terlebih lagi ketika kita sedang sibuk mengerjakan sesuatu. Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah pola makan dan jenis makanan itu sendiri (baca: Makanan dan Minuman Pemicu Sakit Kepala). Jika Anda kerap menderita sakit kepala, berikut ini adalah Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam meringankan rasa sakit kepala yaitu :

Advertisement

4 Tips Untuk Meringankan Sakit Kepala

1. Menerapkan pola makan seimbang dan sehat.
Beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi sakit kepala antara lain: Hati sapi, jamur, bayam, tomat, telur, dan susu rendah lemak yang tinggi kandungan riboflavin atau vitamin B2. Berdasarkan sebuah studi, makanan dan minuman ini mampu mengurangi rasa nyeri sakit kepala migrain. Bayam yang kaya dengan kandungan magnesium dapat membantu meredakan sakit kepala yang biasanya dialami wanita pada sebelum atau selama haid karena penurunan kadar estrogen. Selain itu, masih ada pisang, biji bunga matahari, dan wijen yang mengandung magnesium tinggi. Kentang banyak mengandung potasium yang disebut sebagai salah satu mineral yang dapat membantu meringankan sakit kepala. Tubuh yang dehidrasi, sering kali kekurangan potasium sehingga memicu sakit kepala.

2. Makan teratur
Penting dalam membiasakan diri untuk makan tiga sekali sehari ditambah satu kali makan camilan pada malam hari, atau dibagi menjadi enam kali waktu makan porsi kecil tiap hari. Perhatikan juga sumber protein yang cukup dan hindari makanan dengan kadar gula tinggi secara berlebihan.

3. Mengurangi stress
Jika Anda pernah merasakan sakit yang menekan di kepala, kemungkinan Anda mengalami sakit kepala yang dipicu oleh stres. Anda dapat mengonsumsi telur, brokoli, ikan tuna, atau makarel yang dapat menjadi pilihan yang tepat karena tingginya kandungan coenzyme Q10 sebagai antioksidan akan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas akibat stres, sekaligus melindungi sel tubuh. Selain itu jangan lupa untuk mengkonsumsi buah yang kaya kandungan air seperti semangka, stroberi, nanas, atau jeruk pada waktu makan, terutama ketika Anda pilek atau flu.

4. Minum air putih yang banyak
Air putih tidak kalah penting, konsumsi air yang cukup untuk menghindari dehidrasi dan dapat mengurangi sakit kepala ringan.

Jika sakit kepala yang disebabkan pola makan dirasa kerap mengganggu, Anda dapat membuat catatan khusus yang berisi jenis makanan dan jumlahnya, serta gejala sakit kepala yang dirasakan. Hal itu akan membantu mengenali makanan yang sebaiknya dihindari. Jika Anda merasa sakit kepala tidak tertahankan setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

---
Demikian informasi mengenai "4 Tips Untuk Meringankan Sakit Kepala". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement




MENU