17 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

17 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi
17 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

INFOBDL.NET17 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi. Sebagai gerbang dari Pulau Sumatera, Provinsi Lampung menawarkan beragam objek wisata alam yang tidak kalah dengan Provinsi lainnya di Indonesia. Tidak hanya bagi wisatawan lokal, para wisatawan mancanegara pun sudah banyak berdatangan ke provinsi ini untuk mengagumi keindahan alamnya. Apa saja tempat wisata di Lampung yang wajib dikunjungi? simak daftarnya berikut ini.

Advertisement

17 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

Berikut adalah daftar 17 tempat wisata di lampung, Anda dapat klik salah satu daftar untuk langsung membaca pada tempat tertentu, atau anda juga dapat langsung membaca secara keseluruhan dengan langsung scroll kebawah.

  1. Kalianda
  2. Pantai Klara
  3. Taman Nasional Way Kambas
  4. Pulau Kubur
  5. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil
  6. Menara Siger
  7. Air Terjun Putri Malu
  8. Gunung Krakatau
  9. Taman Wisata Lembah Hijau
  10. Pantai Tanjung Setia
  11. Taman Purbakala Pugung Raharjo
  12. Pantai Sari Ringgung
  13. Pulau Pahawang
  14. Pantai Pasir Putih
  15. Teluk Kiluan
  16. Air Terjun Curup Tujuh
  17. Pulau Condong

17 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi


1. Kalianda

Wisata Kalianda merupakan objek wisata pantai yang memiliki daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Lampung Selatan, terutama di kawasan Kalianda. Kabupaten dengan garis pantai mencapai 200 kilometer lebih ini selalu menjadi tujuan liburan bagi para wisatawan. Kalianda tak hanya menjanjikan keindahan teluk pantai, disini juga terdapat beberapa objek wisata yang harus dikunjungi, seperti mengunjungi Taman Makam Nasional Pahlawan Radin Inten II, Way Belerang, Pantai Batu Kapal, Pantai Canti,dan Pantai Gunung Botak atau Pantai Wartawan. Ada juga air terjun atau curug Way Kalam dengan tujuh tingkat air terjunnya. Selain itu, pariwisata di kecamatan lain seperti wisata Krakatau, Kalianda Resort, Krakatoa, Pantai Merak Belantung, Way Panas Kalianda, Way Belerang Simpur, dan Pantai Laguna Helau.

2. Pantai klara

Pantai Klara yang dikelola oleh TNI-AL awalnya bernama Teluk Baru. Nama klara merupakan kepanjangan dari kelapa rapet dulu tahun 1982-1984, pantai ini di tumbuhi pohon kelapa. Konon jarak pohon kelapa dengan pohon kelapa lainnya cuma 3 meter dengan luas kebun 5 ha, melihat jarak yang rapat itu penduduk setempat memberi nama kelapa rapat. Kini kondisi tak serapat dulu tapi masih tetep ada. Pantai ini memiliki air laut dengan kadar garam tinggi dari pantai ini Anda juga bisa menyebrang ke pulau pahawang, bermain banana boat, berenang terkadang juga dibuat tempat kemah atau outbond anak-anak sekolah dan wahana canoe.

3. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional yang berumur paling tua di Indonesia. Taman perlindungan satwa Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang sudah mulai berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Nama awal TNWK ini adalah Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Tempat wisata ini hingga sekarang telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Selain gajah, Taman Nasional Way Kambas juga melindungi beberapa hewan yang hampir punah seperti harimau Sumatera dan badak Sumatera. Taman Nasional Way Kambas berlokasi sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Untuk dapat masuk ke kawasan ini, Anda harus memperoleh ijin yang dapat diperoleh di gerbang masuk Taman Nasional Way Kambas. Di sini Anda dapat melihat berbagai pertunjukan gajah, misalnya sepak bola gajah, menaiki gajah, dan lain-lain.

4. Pulau Kubur

Pulau Kubur mungkin terdengar seram bagi sebagian orang, namun sebenarnya Pulau Kubur seluas 5 Ha adalah surganya para pecinta kegiatan memancing. Menurut cerita warga setempat, pulai ini dinamai Pulau Kubur karena dulunya pulau ini digunakan untuk acara penaburan abu jenazah. Berlokasi di Teluk Lampung, pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu dalam waktu kurang lebih 20 menit. Pulau Kubur relatif sepi pada hari-hari biasa, namun pada hari libur dapat terlihat cukup banyak wisatawan yang datang untuk memancing. Ikan di sekitar Pulau Kubur sangat banyak dan beragam karena ada banyak karang besar yang merupakan habitat ikan di sekitar Pulau Kubur. Silakan sewa perahu motor untuk mengantarkan anda memancing sekitar batu karang yang tinggi tidak jauh dari lokasi pulau Kubur. Lalu mulai ayunkan umpan pancingan dari atas perahu motor ke dekat karang yang ada di sekitar pulau.

5. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil

Pantai Mutun dan pulau Tangkil berlokasinya hanya sekitar 10 Km dari pusat kota, menuju ke arah kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Lampung. Pantai Mutun sudah dilengkap dengan akomodasi yang lumayan lengkap untuk wisata keluarga, seperti: Pondokan, Perahu Cano, Water boom, Banana Boat, dan resto. Kalau sudah sampai di Pantai Mutun, sebaiknya juga menyewa perahu menuju Pulau Tangkil, pulau tak berpenghuni yang pantainya indah. Jarak tempuh pantai Mutun ke Pulau tangkil sekitar 10 menit perjalanan, sewa perahu PP berkisar 60 – 100ribu/ perahu atau sekitar 10.000/orang, bisa memuat 5-10 orang/perahunya. Jangan lupa untuk meminta nomer HP nelayan yang mengantar anda, agar bisa menjemput jika anda ingin pulang. Teknik seperti ini mirip dengan salah satu tempat wisata di Malang yaitu pulau Sempu, di mana pihak nelayan yang mengantar tidak menunggui Anda hingga selesai eksplorasi tempat wisata.

6. Menara Siger

Menara Siger adalah bangunan indah bewarna kuning yang saat ini sudah menjadi ikon Lampung. Menara ini berdiri cantik di atas sebuah bukit, Menara Siger adalah titik nol jalan lintas Sumatera yang sudah menjadi salah satu tempat transit dan tempat wisata di Lampung. Untuk dapat memasuki kawasan Menara Siger, Anda harus membayar tiket masuk dan biaya parkir yang tidak mahal. Menara Siger adalah bangunan kebanggan masyarakat provinsi Lampung karena mempunyai arsitektur tradisional khas Lampung. Memang tempat ini masih belum mendapat perhatian banyak dari wisatawan, tetapi menara ini dilengkapi dengan berbagai info termasuk peta kabupaten se provinsi Lampung. Warna kuning pada bagian atap seolah sebagai penunjuk arah bagi pengguna jalan lintas Sumatera. jadi bisa dibilang fungsinya seolah bagaikan mercusuar yang ada di pantai Anyer.

7. Air Terjun Putri Malu

Ai terjun putri malu ini terletak di wilayah Way Kanan. Air Terjun Putri Malu adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang mungkin jarang Anda dengar namanya. Nama unik Air Terjun Putri Malu berasal dari bentuk air terjun yang bengkok sehingga terkesan seperti malu-malu. Air Terjun Putri Malu mempunyai ketinggian kurang lebih 80 meter, dilengkapi dengan lingkungan yang asri dan sejuk. Air Terjun Putri Malu banyak dikunjungi oleh para pecinta alam yang kemudian berfoto-foto dan berenang di danau yang ada di bawah Air Terjun Putri Malu. Selain itu, Anda juga dapat menikmati wisata panjat tebing, berkemah, dan trekking. Beberapa pengunjung mengatakan bahwa perjalanan ke tempat ini selain disuguhi pemandangan indah, juga sering menemukan tanaman strawberry liar yang rasanya kecut segar. Memang beda dengan hasil kebun strawberry di Ciwidey yang manis rasanya.

8. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau terletak di Selat Sunda, Gunung Krakatau adalah tempat wisata di Lampung yang menawarkan tidak hanya wisata pegunungan, melainkan juga wisata bahari. Gunung Krakatau dahulu kala pernah meletus pada tahun 1883, sekarang telah menjadi tempat wisata yang terkenal. Saat ini Gunung Krakatau sudah menjadi daerah konservasi alam, oleh karena itu, untuk memasuki area Gunung Krakatau, Anda harus memiliki ijin terlebih dahulu. Ijin ini dapat diperoleh dari balai konservasi Lampung.

9. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau mulai dibuka pada tahun 2006. Mempunyai lahan seluas kurang lebih 30 hektar, Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata di Lampung yang mempunyai konsep cagar alam, budaya, dan adat. 30 hektar lahan tersebut, 80%nya adalah areal alami dan sisanya adalah bangunan. Lembah hijau ini mempunyai taman rekreasi, water boom, dan kebun binatang mini, Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata yang cukup lengkap untuk wisata keluarga. Harga tiket masuk Taman Wisata Lembah Hijau adalah 10,000 Rupiah, untuk dapat masuk ke areal water boom, Anda harus membayar tambahan harga tiket sebesar 35,000 Rupiah per orang. Water boom sendiri adalah wahana paling favorit di Taman Wisata Lembah Hijau.

10. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia adalah alternatif bagus untuk para pecinta selancar yang sudah bosan berselancar di Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Pantai ini terletak di sisi barat Lampung, Pantai Tanjung Setia mempunyai salah satu ombak terbaik di dunia, menurut para peselancar yang telah mencoba tantangan selancar di Pantai Tanjung Setia. Pantai ini berlokasi cukup jauh, sektiar 270 KM dari Bandar Lampung, dan membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mencapainya, namun tidak perlu kuatir, pecinta selancar tidak akan kecewa! Mengingat lokasinya yang lumayan jauh dan terpencil, Pantai Tanjung Setia mempunyai kondisi yang baik dan tidak rusak oleh kegiatan manusia, bagaikan mutiara yang bersembunyi dengan sempurna.

11. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman purbakala ini terletak di Desa Pugung Raharjo, Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah kompleks peninggalan kebudayaan masa lalu. Taman ini berlokasi sekitar 52 KM dari kota Bandar Lampung, taman ini mempunyai koleksi peninggalan purbakala berupa kuburan batu, meja batu, altar batu, batu mayat, dan lain-lain. Wisata sejarah ini memang kurang begitu diminati oleh anak muda jaman sekarang, namun tidak ada salahnya mencoba jenis wisata ini supaya tidak bosan.

12. Pantai Sari Ringgung

Pantai ini baru dibuka awal tahun 2015, lokasi pantai ini setelah mutun dan sebelum pantai Klara. Pantai ini memiliki fenomena unik yaitu pasir timbul, yaitu pasir yang terbentuk secara alami ditengah lautan, pasir ini timbul ketika air laut surut pada waktu dzuhur. Pantai ini juga terdapat wahana khusus anak yang tidak ada dipantai lainnya. Pantai ini juga memiliki boat cafe resto, krakatau view, lapangan futsal pantai dan masjid apung. Untuk menuju pasir timbul saat pasang anda bisa menyewa perahu dari dermaga yang telah sediakan.

13. Pulau Pahawang

Pulau pahawang memiliki obyek taman laut yang indah dan sangat memukau pengunjung baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kawasan ini berada di kecamatan Punduh Pidada kabupaten pesawaran. Pulau yang memiliki luas sekitar 1.084 hektar ini terbagi menjadi 2 pulau, yaitu pulau pahawang besar dan pulau pahawang kecil. Untuk mengunjungi pulau pahawang hanya menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga penyeberangan Ketapang untuk naik perahu menuju pulau pahawang besar. Pulau ini tersedia penginapan yang cukup terjangkau sebagai tempat bermalam sebelum keesokan paginya menyelam. Jika anda pernah ke Bali maupun Senggigi dan Gili Trawangan, maka keindahan pulau Pahawang ini mirip dengan tempat menarik bagi wisatawan di Lombok tersebut.

14. Pantai Pasir Putih

Terletak sekitar 20 KM dari kota Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling favorit karena dekat dengan ibukota, hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit saja untuk dapat menikmati pantai yang menyegarkan mata ini. Pantai ini mempunyai pasir yang bewarna putih, dilengkapi dengan pepohonan yang melambai tertiup angin dan lautan yang bewarna biru. Tempat wisata ini juga merupakan tempat wisata akhir pekan favorit warga Bandar Lampung sehingga jangan kaget bila berkunjung pada akhir pekan dan mendapati keramaian.

15. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling terkenal karena pengalaman unik yang ditawarkannya. Teluk Kiluan menawarkan pengalaman melihat lumba-lumba langsung di habitatnya. Sensasi melihat lumba-lumba di lautan sangatlah berbeda dengan pada saat Anda melihat lumba-lumba yang telah dijinakan. Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah pada bulan April hingga September di mana sedang musim kemarau. Sebelum berangkat bertanyalah dahulu pada pengelola homestay mengenai cuaca dan keberadaan lumba-lumba, karena kemunculan lumba-lumba secara alami di Teluk Kiluan sangat dipengaruhi oleh cuaca, tetapi jika anda tidak melihat kawanan hewan lucu ini, keindahan teluk dengan bebatuan karang juga menarik untuk dikunjungi.

16. Air Terjun Curup Tujuh

Air Terjun Curup Tujuh terletak di Desa Margajaya Kecamatan Padang Ratu, yang dapat dicapai dalam waktu 2 jam dari Gunung Sugih. Lokasi air terjun ini berada pada kawasan hutan lindung yang berada di desa Margajaya. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda empat dan selanjutnya dengan motor Trail sewaan menuju batas hutan lindung di mana air terjun berada. Konon kabarnya, keindahan air terjun Curup Tujuh merupakan saingan Curup Maung yang merupakan andalan tempat wisata di Palembang. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal cara mencapai lokasi air terjun yang harus melewati hutan. Jadi hanya pengunjung yang memiliki fisik prima saja yang mampu menikmati keindahannya.

17. Pulau Condong

Pulau Condong merupakan tempat wisata yang memiliki nama lengkap Pulau Condong Sulah ini terletak 1 km dari jalur bypass Bandar Lampung-Bakauheni. Pulau ini memiliki potensi alam relatif masih asli, bentuk pulau seperti kerucut mirip kubah dimana seluruh lereng dan permukaan bukit dipenuhi oleh vegetasi hutan pantai, seperti pohon merbau, waru, ketapang, dan sebagainya. Bagian selatan pulau seperti terbelah yang bisa dijadikan wahana rock climbing, pendakian serta olahraga yang bersifat tantangan alam. Wilayah Sekitar Pulau Condong Sulah, Condong Darat, Condong Laut, digunakan tempat latihan renang dan diving. Anda akan betah berlama-lama di bibir pantainya karena airnya sangat jernih, sehingga hewan laut seperti ikan-ikan kecil saja sudah bisa terlihat dari permukaan. Bermain di pantainya yang putih dan cantik sambil ditemani hawa yang sejuk pun tidak kalah seru.

---
Demikian informasi mengenai "17 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement




MENU