10 Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Obat

10 Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Obat
10 Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Obat

INFOBDL.NET10 Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Obat. Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal kaya akan rempah-rempah serta berbagai macam jenis tanaman. Tanaman-tanaman tersebutlah yang kemudian diolah dan dijadikan nenek moyang kita sebagai obat penyembuh berbagai macam penyakit jauh sebelum dikenalnya obat-obatan seperti yang sekarang ini. Tanaman obat atau yang lebih dikenal dengan tanaman herbal, sangatlah banyak jenis serta manfaatnya, mulai untuk mengobati penyakit ringan hingga penyakit berat sekalipun. Tanaman obat ini sudah teruji keampuhannya dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang banyak kita temui sekarang ini. Inilah 10 jenis tanaman yang bisa dijadikan obat.

10 Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Obat

1. Seledri ( Apium graviolens )
Tanaman yang satu ini sering kita jumpai sebagai campuran dalam berbagai jenis makanan, seperti soto, bakso, sup, rawon dan lain sebagainya. Tanaman ini mungkin sudah tidak asing lagi buat kita yang biasanya menggunakannya sebagai penyedap rasa dikarenakan baunya yang harum. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit asam urat, karena tanaman ini banyak mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Untuk mengobati asam urat ini sangatlah mudah, rebuslah beberapa helai daun seledri dan ambil sarinya untuk diminum.

2. Belustru (Luffa aegyptiaca mill)
Belustru atau blustru termasuk suku labu-labuhan atau cucurbitaceae, di Sunda mereka mengenalnya oyong sedangkan di Palembang hurung jawa atau timput. Tanaman ini merupakan sayuran buah minor, jika buahnya sudah tua digunakan sebagai spon pembersih untuk mandi dan buah yang muda dapat dikonsumsi seperti gambas. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat yang diwariskan secara turun temurun. Saat ini sudah sangat jarang orang yang memanfaatnya sebagai tanaman obat dan bahkan tidak tahu bagaimana bentuknya. Blustru ini dikenal mampu mengobati penyakit asma dengan cara mudah, cuci terlebih dahulu daun blustru muda, kemudian letakkan daun tersebut di atas nasi panas (bisa juga diletakkan pada waktu masak nasi) dan makanlah daun tersebut sebagai lalapan setiap hari dan rasakan manfaatnya. Semua bagian tubuh tumbuhan seperti akar bunga, daun biji dan batang dapat digunakan berbagai macam obat, untuk buahnya dapat mngatasi ASI tidak lancar, sembelit, pendarahan dan masih banyak lagi, sedangkan bunganya bisa untuk wasir, batuk dan masih banyak lagi

3. Pasak bumi atau tanaman ali (Eurycoma longifolia jack)
Tanaman obat pasak bumi / tongkat ali ini banyak kita temui di daerah Kalimantan. Tanaman obat ini mampu memperbaiki kadar testoteron para pria guna menambah gairah seksual pria. Selain itu, pasak bumi juga dipercaya mampu mengobati ED (Ejakulsi dini). Kini kita tidak perlu repot-repot lagi bagaimana cara mengolahnya, karena, sudah banyak kita jumpai diberbagai toko obat tradisional dalam bentuk kopi, teh dan lain sebagainya.

Advertisement

4. Mengkudu (Morinda citrifolia)
Mengkudu memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah, di Sunda tanaman ini dikenal dengan Cangkudu, di Aceh dikenal dengan Keumeude, sedangkan di Jawa disebut dengan pace/ kudu. Tanaman mengkudu di daerah Aceh dapat ditemui hampir di setiap rumah warga, karena biasanya mereka manfaatkan sebagai bahan rujak ataupun menu berbuka puasa khas Aceh. Namun, tanaman ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat jantung koroner serta membantu mencegah penyakit jantung koroner. Untuk membuat obatnya sangatlah mudah, cukup halusakan buah mengkudu/jadikan sebagai jus, kemudian saring air sarinya tambahkan sedikit gula dan madu, setelah itu minum 2x sehari setelah makan.

5. Lidah buaya (Aloe vera)
Sejak zaman dahulu, lidah buaya sudah dimanfaatkan untuk perawatan tubuh/kecantikan. Saat ini di Jepang tengah mengembangkan lidah buaya untuk dijadikan sebagai obat kanker. Lidah buaya ini memiliki banyak manfaat dan khasiat, selain digunakan untuk obat, daging lidah buaya ini juga digunakan untuk membuat cendol ala Pontianak.

6. Buah Makasar (Brucea Javanica)
Tanaman obat yang satu ini dikenal dengan rasanya yang sangat pahit serta beracun, tetapi jika diolah dengan baik serta dosis yang sesuai tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat diabetes yang cukup manjur, karena tanaman ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan juga bisa dijadikan sebagai obat kanker serviks. Untuk membuatnya sangat mudah, anda hanya perlu merebus dan mengambil sarinya untuk kemudian diminum 2-3x sehari. Kini di toko herbal sudah bisa kita jumpai buah makasar kering, jadi kamu tidak perlu susah-susah menumbuknya ataupun mengeringkannya sendiri.

7. Belimbing (Averrhoa Carambola)
Belimbing merupakan buah yang kaya akan vitamin A, B, C, Protein, Kalsium dan lain sebagainya. Belimbing ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat kolesterol tinggi serta mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)
Temulawak merupakan tanaman obat asli Indonesia yang banyak mengandung kurkumin dan berfungsi sebagai anti radang atau anti keracunan empedu. Selain itu temulawak juga dipercaya mampu mencegah penyakit kanker hati, karena temulawak mampu mengobati penyakit hepatitis B yang merupakan faktor utama penyakit kanker hati.

9. Daun Dewa (Gynura Divaricata)
Tanaman obat yang satu ini dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun dewa banyak mengandung minyak atsiri, saponin dan lain sebagainya yang mampu mengobati penyakit stroke ataupun mencegahnya. Selain itu, daun dewa berfungsi sebagai obat penghilang memar serta penurun tekanan darah.

10. Jarak (Ricinus Communis)
Tanaman obat yang satu ini jika di Jawa Barat dikenal dengan nama Kaliki, di Sumatra dikenal dengan nama Dulang dan di Madura dikenal dengan nama Kalek. Akar dari tanaman jarak ini dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit rematik serta sebagai penenang. Bijinya yang terasa pedas manis juga sering dimanfaatkan sebagai obat hernia, kanker rahim rematik dan TBC, tetapi kamu harus berhati-hati jika ingin mengkonsumsinya, karena jika terlalu berlebihan akan menyebabkan keracunan yang ditandai dengan kepala pusing, muntah-muntah, berak, panas dan lain sebagainya.
Itulah 10 jenis tanaman yang bisa dijadikan obat alami yang bisa kita gunakan sebagai obat segala macam penyakit, tetapi Allah SWT yang menentukan apakah anda dapat sembuh dari penyakit tersebut atau tidak. Kita sebagai manusia hanya wajib terus berusaha dan berdoa. Semoga bermanfaat!

Advertisement
HASHTAGS

MENU
shares