4 Manfaat Kacang-Kacangan Yang Belum Diketahui

4 Manfaat Kacang-Kacangan Yang Belum Diketahui
4 Manfaat Kacang-Kacangan Yang Belum Diketahui

INFOBDL.NET4 Manfaat Kacang-Kacangan Yang Belum Diketahui. Kacang-kacangan merupakan makanan alami yang mampu menjaga kesehatan kita. Ukurannya kecil, tetapi kacang mengandung protein, mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa kacang-kacangan merupakan camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Advertisement

Kacang-kacangan adalah sebutan untuk biji yang berukuran relatif lebih besar dibandingkan biji-bijian yang digunakan untuk bahan pangan bagi manusia. Kacang-kacangan ini umumnya didapatkan dari tanaman famili Fabaceae. berikut ini fakta mengenai kacang yang belum banyak diketahui:

4 Manfaat Kacang-Kacangan Yang Belum Diketahui

  1. Kacang Tanah Baik untuk Otak
    Kacang tanah mampu meningkatkan kemampuan daya ingat otak. Hal ini berkitn dengan kandungan vitamin yang terdapat pada kacang tanah yang dapat membuat otak berfungsi secara normal dan membuat memori otak menjadi lebih meningkat. Selain itu kacang tanah mengandung kandungan asam amino esensial yaitu jenis tripofan yang dapat memproduksi serotin, yang dapat membantu membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan nyaman, sehingga dapat mencegah terjadinya stres maupun depresi. Pada saat kita mengalami depresi serotonin yang dilepaskan oleh sel saraf pada otak akan mengalami penurunan, dengan adanya kandungan triptofan dalam kacang tanah tersebut akan meningkatkan jumlah dari serotonin.
  2. Hindari Kacang Ini untuk Diet
    Kacang dipercaya dapat membantu anda untuk melakukan diet sehat, tetapi hindari kacang jenis macadamia dan pecans karena jenis kacang tersebut memiliki tingkat kalori yang cukup tinggi. Selain itu juga hindari kacang-kacang yang sudah telah melalui proses digoreng dengan minyak, karena kacang yang telah digoreng akan memunculkan lemak omega-6 yang tidak sehat. Jika anda ingin diet dapat mengkonsumsi kacang almond, mede, pistachio, karena jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan kalori yang hampir sama dalam ukuran per ons, dan memiliki manfaat bagi kesehatan dan diet Anda.
  3. Kacang Kenari Baik untuk jantung
    Kacang kenari ternyata memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung karena kacang ini tidak mengandung kolestrol sehingga tidak akan menyebabkan serangan jantung. Berdasarkan sebuah studi di Spanyol pada tahun 2006 menyatakan bahwa kacang ini memiliki tinggi asam alpha linoleat yang efektif sebagai minyak zaitun yang dapat mengurangi peradangan dan oksidasi dalam arteri jantung setelah memakan makanan yang berlemak. Para peneliti pun menganjurkan memakan kacang kenari sekitar delapan buah sehari agar mampu mencapai manfaat yang sama.
  4. Kacang Baik untuk Ibu Hamil
    Salah satu kacang juga memiliki manfaat baik untuk ibu yang sedang hamil, yaitu kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan serat yang mampu membantu melancarkan proses pencernaan dan memilihara kesehatan salutan cerna. Selain itu dapat membantu perkembangan sistem saraf pada janin, dan mampu mencegah kecacatan bayi pada saat lahir seperti kelainan jantung, bibir sumbing, dan kecacatan lainnya. Selain kacang hijau, kacang merah memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang mampu mencegah kolestrol, resiko diabetes, dan perkembangan otak bayi pada janin. Oleh karena itu danjurkan untuk ibu hamil agar mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut setiap hari.

Demikianlah 4 manfaat kacang-kacangan bagi tubuh yang belum banyak diketahui, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

---
Demikian informasi mengenai "4 Manfaat Kacang-Kacangan Yang Belum Diketahui". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement




MENU