10 Cara Berhenti Merokok Yang Ampuh

10 cara Berhenti Merokok Yang Ampuh
10 cara Berhenti Merokok Yang Ampuh

INFOBDL.NET10 cara Berhenti Merokok Yang Ampuh. Merokok merupakan hal biasa kita lihat khususnya pada kaum pria, seakan tidak dapat kita hindari lagi atau melarangnya lagi karena sudah menjadi kebiasaan para pria yang sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok ini. Kaum pria banyak mengungkapkan betapa nikmatnya menghisap rokok, meskipun mereka mengetahui bahaya merokok berakibat buruk bagi kesehatan. Kini tidak hanya orang tua bahkan anak-anak dibawah umur juga sudah banyak menghisap rokok didepan umum. Padahal dibungkus rokok sudah tertulis jelas bahwa merokok dapat menyebabkan kematian!

Menurut pakar kesehatan Prof. Tjandra Yoga Aditama jumlah perokok di Indonesia 11 kali dari penduduk di Singapura. Selain itu beliau juga mengatakan kebiasaan merokok berhubungan dengan 25 penyakit ditubuh manusia, dari kepala sampai kaki, karena rokok berisi 4000 bahan kimia. Berdasarkan data Balitbangkes konsumen tembakau tiap tahun cenderung meningkat

10 cara Berhenti Merokok Yang Ampuh

Berikut ini ada 10 cara atau tips untuk berhenti merokok yang dapat anda lakukan agar terbebas dari jeratan rokok :

Advertisement
  1. Niat Untuk Berhenti Merokok Kuat
    Pastikan niat anda untuk berhenti merokok sangat besar sehingga nanti anda mampu menahannya.
  2. Membuat Jadwal Libur Merokok
    Cara yang kedua ini adalah cara yang paling efektif dan anda dapat lakukan dengan mudah yaitu membuat jadwal hari tidak merokok, misalnya hari minggu tidak merokok dan hari senin merokok. Jika bisa dilakukan setiap minggunya, cara ini dapat perlahan membantu anda menghilangkan kebiasaan merokok.
  3. Mengurangi sementara waktu dengan Teman Yang Merokok
    Teman memang sangat penting tapi coba untuk mengurangi sementara waktu dengan teman-teman yang merokok dan jangan sampai teman yang merokok itu duduk di dekat anda.
  4. Bergaul dengan Teman Yang Tidak Merokok
    Usahakan pilih teman yang tidak merokok, duduklah bersamanya dan tanyakan sesuatu apa yang menyebabkan teman anda tidak merokok. Anda mungkin bisa mendapatkan motivasi darinya.
  5. Anggaplah Ini Bulan Puasa
    Bulan puasa tentu saja bagi umat islam tidak boleh merokok karena akan membatalkan puasa. Cobalah anda bayangkan hari ini bulan puasa dan anda fikirkan kenapa anda bisa berhenti merokok dibulanpuasa ?
  6. Cari Kesibukan
    Anda pasti ingin rasanya bersantai dan berkhayal sambil merokok, jika rasa ingin itu datang segeralah anda lakukan sesuatu yang membuat diri anda sibuk sehigga diri anda tidak memikirkan keinginan merokok
  7. Perbanyak Tidur dan Istirahat
    Apabila anda tidak ada kesibukan lebih baik anda tidur dan istirahat. Tidur adalah hal baik yang akan menghabiskan waktu berjam-jam. Hal ini akan mengurangi waktu luang anda untuk merokok.
  8. Minum Air Putih yang banyak
    Air putih mampu membuang racun yang berada di dalam tubuh dan dapat mengatasi rasa asam dalam mulut yang membuat hasrat ingin merokok.
  9. Makan Permen Sebagai Pengganti Rokok
    Orang yang akan berhenti merokok pasti akan merasakan rasa pahit dimulutnya, atasilah hal ini dengan menghisap permen.
  10. Buatlah Perjanjian Bagi Sesama Perokok
    Cara ini cukup unik, anda bisa membuat perjanjian dengan teman sesama perokok yang ingin berhenti merokok. Misalnya apabila salah satu diantara kalian ketahuan merokok maka harus membayar dengan uang.

Demikianlah cara agar bisa berhenti merokok, bagi anda perokok sebaiknya berhentilah sekarang karena dengan menghisap rokok itu akan memperpendek umur anda. Meskipun sulit berhenti merokok tetapi dengan niat yang kuat semuanya akan dapat dilakukan! Selamat mencoba.

Advertisement


MENU
shares