Info dan Tata Cara Mudik Gratis Kemenhub 2016

Info dan Tata Cara Mudik Gratis Kemenhub 2016

INFOBDL.NETInfo dan Tata Cara Mudik Gratis Kemenhub 2016. Tahun 2016 ini Kementrian Perhubungan mengadakan program mudik gratis 2016 yang di tujukan untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pada mudik Lebaran tahun 2015 kuota subsidi angkutan mudik motor gratis adalah sebesar 9.900 motor, Namun pada tahun 2016 ini jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 15.834 motor. Bagi anda yang berniat untuk melakukan mudik ke daerah-daerah yang dituju oleh program mudik gratis kemenhub ini dengan membawa serta kendaraan bermotor, maka Anda dapat melakukan pendaftaran dengan tata cara dan prosedur di bawah ini.


Info dan Tata Cara Mudik Gratis Kemenhub 2016

Mudik gratis untuk motor yang di gelar oleh kemenhub kali ini menggunakan moda transportasi Kereta Api. Mudik motor gratis tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki tiket keberangkatan mudik dan kepulangan balik ke lokasi yang sama dengan tiket. Adapun pada Mudik Gratis motor kali ini para pemudik akan ditawarkan untuk memilih tiga stasiun tujuan yang melalui tiga lintasan. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Lintas Utara
Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cirebon Prujakan – Stasiun Tegal – Stasiun Pekalongan – Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Ngrombo – Stasiun Cepu – Stasiun Bojonegoro – Stasiun Babat – Stasiun Surabaya Pasar Turi. (Stamformasi Lok CC + 7 Bagasi). Kapasitas angkut : 406 motor per hari.

Lintas Selatan 1
Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Klaten – Stasiun Solojebres – Stasiun Madiun – Stasiun Kertosono – Stasiun Kediri. (Stamformasi Lok CC + 7 Bagasi). Kapasitas angkut : 406 motor per hari.

Lintas Selatan 2
Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Purwokerto – Stasiun Kroya – Stasiun Gombong – Stasiun Kebumen – Stasiun Kutoarjo. (Stamformasi Lok CC + 7 Bagasi). Kapasitas angkut : 406 motor per hari.

Info dan Tata Cara Mudik Gratis Kemenhub 2016

Syarat-syarat Mudik Gratis Kementrian Perhubungan 2016

  1. Memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku;
  2. Wajib membawa STNK, SIM dan KTP asli beserta masing-masing 3 (tiga) lembar fotocopiannya;
  3. Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada sepeda motor;
  4. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik atau pemudik;
  5. Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan, dibawa oleh pemilih saat mudik;
  6. Harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua);
  7. Harus dilengkapi dengan pegangan belakang;
  8. Untuk keamanan pengangkutan, tangki bensin harus kosong saat akan diangkut, pihak ekspeditur akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan tangki bbm;
  9. Kunci sepeda motor diberikan kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana;
  10. Mengisi formulir pendaftaran.
  11. Menyerahkan motor H-1 sebelum tanggal keberangkatan di stasiun Jakarta Gudang;
  12. Bagi peserta yang berkeinginan untuk dapat difasilitasi pembelian tiket (selama masih tersedia) harus tunduk dan taat pada persyaratan :
    • 1 unit motor untuk untuk pembelian tiket maksimal 3 (tiga) orang dalam 1 keluarga (2 orang dewasa 1 orang anak usia maksimal 11 tahun);
    • Mengisi formulir isian pembelian tiket;
    • Melakukan pembayaran pembelian tiket pada kasir yang telah ditunjuk pada hari yang sama;
    • Peserta mudik motor berhak mendapatkan bukti / tanda terima pembelian tiket yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket asli pada saat dropping/penyerahan motor (H-1) keberangkatan di stasiun yang ditunjuk;
    • Bukti/tanda terima pembelian tiket TIDAK BISA DIBATALKAN atau DIPINDAHKAN tanggal keberangkatannya untuk itu RENCANAKAN PERJALANAN ANDA DENGAN BAIK DAN BENAR.

Waktu Pendaftran :
Pendaftaran akan dilakukan dengan sistem online dan offline, dilaksanakan dengan 2 tahap :

  1. Pendaftaran Online (Motor) mulai tanggal 1 Maret 2016 sampai 6 Mei 2016 (selama persediaan masih ada)
  2. Tahap I akan dimulai pada tanggal 8 Maret s.d. 6 Mei 2016 dengan mekanisme pendaftaran motor dengan fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang (2 Dewasa + 1 Anak);
  3. Tahap II akan dimulai pada tanggal 7 Mei s.d. 6 Juni 2016 dengan mekanisme pendaftaran motor saja.

Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi.

Pendaftaran secara langsung di Badan Litbang Kemenhub dibuka setiap hari Senin-Kamis pukul 08.30-15.00 WIB, Jumat pukul 08.30-11.00 WIB dan pukul 13.30-16.00 WIB, serta Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.

Tanggal Keberangkatan Darat dan Kereta Api
jadwal arus mudik gratis menggunakan motor yaitu tanggal 28 Juni-3 Juli 2016 (H-8 s/d H-3), sedangkan jadwal untuk penumpang yaitu 29 Juni-4 Juli 2016.

Untuk jadwal arus balik gratis menggunakan motor, yaitu tanggal 10 – 16 Juli 2016 (H+3 s/d H+9). Sedangkan jadwal untuk penumpang, yaitu tanggal 11-17 Juli 2016.

Untuk pendaftaran online dan informasi terkait lainnya silahkan kunjungi alamat berikut ini : http://mudikgratis.dephub.go.id/


Demikian informasi mengenai "Info dan Tata Cara Mudik Gratis Kemenhub 2016". Semoga artikel diatas dapat memberi manfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada keluarga dan sahabat. Anda juga bisa bergabung bersama kami di LINE, Klik tombol berikut ini : Add Friend



MENU