Tata Cara Mengurus STNK Anda Yang Hilang

Tata Cara Mengurus STNK Anda Yang Hilang
Tata Cara Mengurus STNK Anda Yang Hilang

INFOBDL.NETTata Cara Mengurus STNK Anda Yang Hilang. Setelah Artikel sebelumnya kami mengulas tentang Syarat Mengurus BPKB Yang Hilang, kali ini INFOBDL akan mengulas bagaimanacaranya mengurus STNK anda yang hilang. STNK adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. Di Indonesia, STNK diterbitkan oleh SAMSAT, yakni tempat pelayanan penerbitan/pengesahan STNK oleh 3 instansi: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. STNK merupakan titik tolak kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan bermotor.

Advertisement

Tata Cara Mengurus STNK Anda Yang Hilang

Bila STNK Anda hilang maka bersegeralah untuk mengurus penerbitan STNK yang baru. hal tersebut dapat anda lakukan dengan menyiapkan dokumen prasyarat pembuatan STNK berikut ini.

  • KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi.
  • Fotokopi STNK yang hilang.
  • Surat Keterangan Hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat.
  • BPKB asli dan fotokopi.

Setelah Dokumen-dokumen diatas sudah anda siapkan, mulailah langkah-langkah tata cara pembuatan STNK yang hilang berdasarkan urutan seperti yang akan kami ulas dibawah ini.

  1. Cek Fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran.
  3. Mengurus Cek Blokir (Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
  4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. (Lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat).
  5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. (Bila telah dibayar maka bebas biaya pajak).
  6. Membayar Biaya Pembuatan STNK baru sebesar Rp.50.000
  7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
  8. Selesai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tata cara mengurus STNK anda yang hilang. semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. @infoBDL

---
Demikian informasi mengenai "Tata Cara Mengurus STNK Anda Yang Hilang". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement




MENU