Palsukan 262 SK Gubernur Lampung, PNS Raup Rp 300 Juta

Palsukan 262 SK Gubernur Lampung, PNS Raup Rp 300 Juta
Palsukan 262 SK Gubernur Lampung, PNS Raup Rp 300 Juta

INFOBDL.NET – Palsukan 262 SK Gubernur Lampung, PNS Raup Rp 300 Juta. Agus Hermawan oknum PNS di Dinas Korpri Kota Bandarlampung bisa membuat 263 SK bodong di lingkungan Disdik. Aksinya tersebut dilakukan seorang diri dengan bermodalkan komputer, printer, dan stempel, dan berbekal keahliannya memalsukan tandatangan mantan Gubernur Lampung, Sjahrudin ZP, Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo.

Advertisement

“Saya bekerja sendiri. SK mutasi palsu sebanyak 263, dibuat sejak tahun 2012 hingga 2014. Satu SK pemutasian palsu yang saya buat nilainya Rp 6 juta sampai Rp 15 juta,” kata Agus Hermawan, Rabu (11/2) siang.

Tersangka memalsukan SK mutasi itu, bermula dari PNS (Guru) yang panik atau menginginkan pindah dari tempatnya bertugas. Kemudian,PNS tersebut menghubungi dan meminta tolong kepada tersangka yang saat itu bertugas di BKD bagian pemutasian.

Dengan memanfaatkan kepanikan korban yang tidak ingin repot dan lama menunggu, timbullah niat tersangka untuk memalsukan SK mutasi palsu itu. Bermodalkan komputer, printer, stempel, kertas HPS berlogo garuda emas, dan keahlian meniru tandatangan Pemprov, Pemkot, dan empat Pemda, di berhasil membuat 263 SK mutasi guru SD, SMP, dan SMA Palsu.

“Uang jasa membuat 263 SK bodong itu yang jumlahnya Rp. 300 juta itu sudah habis saya gunakan untuk mencukupi kebutuhan saya,”ungkap Agus Hermawan saat di hadapan petugas.

Dikutip dari laman Poskota, Kasubdit I Ditkrimum Polda Lampung, AKBP. P Teguh Nugroho melalui Kabid Humas Polda Lampung, AKBP. Sulistyaningsih mengatakan, saat ini sudah 19 saksi yang di periksa. “Hasil pemeriksaan, korban telah menerima gaji dan tidak mengetahui jika SK mutasi tersebut palsu,” kata Sulistyaningsih.

Kasus SK bodong awalnya, diketahui oleh Evan Toera PNS asal Kabupaten Lampung Timur, dengan membawa SK Gubernur Lampung, SK Wali Kota Bandarlampung, dan SPT Kadisdik Kota Bandarlampung untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru.

Dari hasil penyelidikan Disdik Kota Bandarlampung ternyata nomor SK tersebut tidak terdaftar di buku register kantor BKD Kota Bandarlampung sehingga di duga palsu, kemudian SK Gubernur Lampung di cek di BKD Provinsi Lampung ternyata nomor tersebut tidak terdaftar di buku register Provinsi Lampung sehingga di duga Palsu.

Setelah diketahui SK Gubernur Lampung atas nama Evan Toera yang dibuat oleh M Agus Hermawan diduga palsu, membuat para PNS yang membuat SK mutasi kepada tersangka langsung melakukan pengecekan, hasilnya mereka tidak terdaftar di BKD Provinsi Lampung.

Kasus tersebut mencuat hingga Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo koordinasi dengan Polda Lampung, dan di tindaklanjuti oleh petugas Subdit I Dikrimum Polda Lampung. Hasilnya, petugas mengamankan tersangka Agus Hermawan ,39, warga jalan Panglima Polim, gang Mawar Putih 3, Segala Mider Tanjungkarang Barat, Bandarlampung.

Akibat perbuatannya tersangka akan di jerat dengan Pasal 263 KUHP jo 266 KUHP tentang tindak pidana pemalsuan.(poskota)

---
Demikian informasi mengenai "Palsukan 262 SK Gubernur Lampung, PNS Raup Rp 300 Juta". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement




MENU