Kebun Karet Petani di Mesuji Terendam Banjir

Kebun Karet Petani di Mesuji Terendam Banjir
Foto : Tribun Lampung/Endra

INFOBDL.NET – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Mesuji (7/2/2015) malam, sekitar pukul 20.00 WIB sampai pukul 06.00 Wib, Minggu pagi telah membuat kebun karet milik warga di wilayah Kecamatan Simpangpematang terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Advertisement

“Memang setiap musim hujan, apalagi hujannya deras, pasti kebun karet tersebut terendam air hujan. Sehingga kita tidak bisa menyadap, padahal itu merupakan mata pencarian,” kata Sumirah, Minggu (8//2/2015).

Sumirah (55) warga desa Jayasakti, memiliki sekitar satu hektar kebun karet yang terendam air sekitar 50 cm. Ia mengatakan, hujan deras yang mengguyur sepanjang Sabtu telah mengakibatkan genangan air yang merendam kebun karet membuat Sumira tidak bisa menyadap karet.

“Tanah kebun karet posisinya rendah, ditambah parit di sisi jalan tak bisa menampung derasnya air hujan,” keluh Sumirah. Tak hanya itu,Sumirah mengeluhkan harga karet kian merosot dibanderol Rp 6 ribu per kilogram oleh agen atau pedagang pengumpul.

Sumirah mengaku sangat kecewa dengan pemerintah yang seolah membiarkan petani kesusahan saat harga karet ataupun sawit turun. Dia meminta pemerintah punya kebijakan khusus untuk membantu para petani jika harga sedang turun.

“Pemerintah selalu tidak bisa berbuat apa-apa. Sehingga perlindungan terhadap para petani tidak ada sama sekali. Dan saya berharap kepada pemerintah agar secepatnya mencari solusi terbaik, agar gairah ekonomi menggeliat di kabupaten Mesuji,” tandasnya. (trbn)

---
Demikian informasi mengenai "Kebun Karet Petani di Mesuji Terendam Banjir". Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. Untuk pertanyaan dan update info lainnya, Anda dapat bergabung bersama kami di LINE. Klik tombol Add Friends dibawah ini :

Add Friend
Advertisement




MENU