Ini Dia Tempoyak : Makanan Khas Lampung

Ini Dia Tempoyak : Makanan Khas Lampung
Ini Dia Tempoyak : Makanan Khas Lampung

INFOBDL.NET – Ini Dia Tempoyak : Makanan Khas Lampung. Makanan khas Lampung yang satu ini berbahan dasar durian yang telah di fermentasi. Karena hasil fermentasi maka tempoyak memiliki citarasa yang sedikit asam. Meskipun demikian rasanya yang unik tetap digemari masyarakat Lampung. Tempoyak biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi ataupun dijadikan bumbu masakan. Tempoyak juga biasa dimakan dengan mencampurnya dengan seruit. (baca : Nikmatnya Seruit, Masakan khas Lampung)


Bagi anda yang tertarik untuk mencicipi Tempoyak anda dapat membuatnya sendiri, karena tempoyak termasuk masakan yang cukup mudah di buat. Berikut ini adalah cara membuat tempoyak: masakan khas lampung.

Cara membuat tempoyak durian

Bahan membuat tempoyak :

  • Buah durian yang benar-benar matang bahkan cenderung berair
  • sedikit garam

Cara membuat Tempoyak:
Daging durian dipisakan dari bijinya kemudian masukan ke dalam tempat yang dapat tertutup rapat, bisa berupa guci ataupun stoples. Jangan lupa untuk menaburkan garam secukupnya, kemudian ditutup rapat dan disimpan dalam suhu ruangan. Tempoyak disimpan 5 sampai 7 hari. Tempoyak siap digunakan.

Cara Membuat Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak sedikt berbeda dengan sambal pada umumnya, karena terbuat dengan bahan dasar durian. Untuk membuat sambal tempoyak cukup Campurkan Tempoyak dengan bawang putih, bawang merah, dan cabe yang telah diiris dan dipotong kecil-kecil. Tambahkan sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa. Goreng sebentar didalam penggorengan dengan minyak goreng secukupnya untuk melayukan bahan-bahan tersebut. Lamanya penggorengan sekitar 2 – 3 menit sampai bahan lainnya layu dan tempoyakpun siap dihidangkan hangat-hangat.


Demikian informasi mengenai "Ini Dia Tempoyak : Makanan Khas Lampung". Semoga artikel diatas dapat memberi manfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada keluarga dan sahabat. Anda juga bisa bergabung bersama kami di LINE, Klik tombol berikut ini : Add Friend



MENU