Hati-hati Jalinbar Kota Agung Timur Longsor

Hati-hati Jalinbar Kota Agung Timur Longsor
TRIBUN LAMPUNG/TRI YULIANTO

INFOBDL.NET – Tanggamus dilanda hujan lebat yang mengakibatkan Longsor di jalur lintas barat di kilometer 85, ruas Pekon Batu Keramat, Kecamatan Kota Agung Timur longsor. Minggu (1/2).

Longsor terjadi setelah Tanggamus dilanda hujan lebat yang berlangsung dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Meski material longsoran tidak menutupi bahu jalan, namun pengendara disarankan untuk lebih berhati-hati dikarenakan tebing yang ambles berada di sisi luar jalan.

Tidak ada korban jiwa saat peristiwa longsor tersebut terjadi. Namun warung milik Masri, bengkel las Danu, serta warung jagung Mardi diseret longsor. Kejadian bermula saat hujan deras mengguyur selama dua jam kemarin. Derasnya hujan membuat volume air yang mengalir di sungai kecil di bawah lokasi longsor mengikis tebing.

Advertisement

Seperti dilansir laman Tribun Lampung Topografi lokasi ini merupakan pinggang bukit Batu Keramat, kaki Gunung Tanggamus. Ada sisi tebing yang berupa batuan dan sisi lembah, sedangkan jalinbar ada di tengah-tengahnya. Air sungai sendiri berasal dari tebing yang lebih tinggi. Selama ini apabila hujan sungai kecil tampak berair. Sebaliknya saat tidak ada hujan alias kering hanya berupa lembah. “Sebelum hujan memang air di bawah (sungai) sudah banyak, tidak biasanya air mengalir sebanyak itu,” kata Jum, warga setempat.

Lantas hujan yang lebat pun turun hingga volume air bertambah banyak. Hingga akhirnya mengikis tebing yang di atasnya ada bengkel las milik Danu. “Waktu itu suaranya bruukk. Suara longsor begitu terus bengkel Mang Danu bagian belakang sudah jatuh ke bawah,” kata Jum.(TL)

Advertisement



MENU
shares