Ini Dia Bahasa Gaul di Lampung

INFOBDL.NET - Ini Dia Bahasa Gaul di Lampung. Lampung merupakan provinsi yang multi etnis, mulai dari suku lampung sendiri, sunda, jawa, batak dan berbagai etnis lainnya. Untuk percakapan sehari-hari penduduk di lampung lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Ini tentu sedikit berbeda dengan daerah lain yang kebanyakan masih menggunakan bahasa daerah untuk percakapan sehari-hari. Bahkan sangat sulit bagi kita untuk menemui orang yang melakukan percakapan menggunakan bahasa lampung di tempat umum.

Mungkin hal tersebut diataslah yang membuat Lampung memiliki bahasa "gaul" nya sendiri. Di daerah lain juga memang memiliki bahasa gaul atau bahasa prokemnya tersendiri. Namun bahasa gaul di Lampung sedikit berbeda karena juga merupakan perpaduan dari bahasa daerah lain.

Ini Dia Bahasa Gaul di Lampung


Biasanya bagi para muda yang baru menjajaki Lampung, entah itu untuk kuliah, sekolah atau keperluan lainnya di Lampung, akan langsung merasakan perbedaan bahasa tersebut. Nah agar anda tidak kaget saat mendengarnya, berikut kami tuliskan beberapa Bahasa gaul di Lampung dibawah ini.

Bahasa Gaul di Lampung


1. Unjal : Mengantar secara bergiliran atau satu persatu.
Contoh : "yaudah diunjal aja pake motor biar cepet".

2. Ngotak : belagu
Contoh :  "Gak usah ngotak lo jadi orang!!".

3. Basing : terserah
Contoh:  "Basing lo Lah, gue mah ngikut aja".

4. Ligat : cepetan, buruan
Contoh : "Ligat woi, jangan kelamaan!!".

5. Tegambuy : Tidak jelas, Sendirian tanpa kepastian (persamaan : nyangklak)
Contoh: "Sial, tegambuy gw kayak orang gila, kemana aja lu gak dateng.

6. Susuk : uang kembalian
Contoh: "kok susuknya dolar bro!!"

7. dolar : Uang Koin/receh

8. MJ : singkatan dari Mak Jelas, artinya gak jelas.
Contoh: "Dasar MJ lo!!"

9. Mènèl : centil
Contoh: "gak malu, cowo kok menel."

10.Tudaw :
Centil yg lebih parah

11. Palèng : pusing, pusing dan condong ke kesal atau marah
Contoh: "Sial tuh dosen, bikin paleg aja!!."

12. Kita orang  (baca: kitorang) : kami atau kita.
Contoh : "Kitorang duluan ya bro."

13. Kami orang : Kami
Contoh : "Kami orang duluan bro."

14. Kamu orang : Kalian
Contoh: Kamu orang mau berangkat gak nih!!?

15. Lo orang
  (Baca: Lorang) : Kalian
Contoh: lorang mau berangkat gak besok!!?

16. Dia orang
(baca: diorang) : Mereka
Contoh: Diorang ikut pergi gak?

17. kongèk ;Ngongèk : menjelekan orang di depan orang tersebut dan biasanya di depan orang ramai, biasanya untuk lucu-lucuan.
Contoh: "gue dikongek abis-abisan ma diorang."

18. Lantak : Gasak/sikat habis
Contoh : "Duren belum mateng udah di lantak" - "Lantak-lantak aja dulu, nanti urusan belakangan"

19. Gèh: kata tambahan / dong.
Contoh: "Jangan gitu geh, ngomong baik-baik aja kan bisa."

20. Dong: mengerti / paham
Contoh : "udah di kasih tau berapa kali, masih aja gak dong"

21. Ngeh : Mengerti / Paham
Contoh : "Baru ngeh kalo ternyata mereka itu pacaran."

22. Gupek : rusuh, heboh dalam melakukan sesuatu
Contoh : "Gupek banget sih jadi orang."

23. Laju: Terus
Contoh : "Kalo udah cair aja, Laju gak inget lagi sama kitorang."

24. Api wah : apaan sih? -biasanya dipake berdiri sendiri tanpa ada kata lain-.

25. Mèngkol : Belok
Contoh : Mengkol kiri, Bang!

26. Sepelibasan : berpapasan di jalan tapi tidak sadar atau tidak bisa saling bertemu.
Contoh : "Gue sepelibasan kayanya tadi sama lo"

27. Pedom pay : tidur dulu -biasanya dipake berdiri sendiri tanpa ada kata lain-.

28. ngepèk (baca: ngepè’) : nyontek

29. Kepè’an : contekan

30. Kèmèk : Makan

31. Boi : Kata sapaan.
Contoh : Kemek yuk Boi, udah laper nih.

32. labas : lewat

33. jejek : injak

34. ngengkeng : bebal

Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi bahasa gaul di Lampung yang sebenarnya merupakan bahasa serapan dari bahasa gaul atau bahasa daerah lain. Beberapa diantaranya bahkan tidak diketahui dari mana asal bahasanya. Anda tau bahasa gaul lain yang hanya ada di Lampung?? Yuk tambahkan di kotak komentar.. :)

0 comments