Berhati-hatilah Saat Menyantap Hidangan Kaki Lima

infobdl.net - Keracunan makanan dapat terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh berbagai hal. Hal ini membuat kita harus berhati-hati sebelum menyantap segala sesuatu terutama saat kita membeli makanan di kedai pinggir jalan atau kaki lima. Kita tidak mengetahui bagaimana kebersihan dan pengolahan makanan yang dilakukan oleh penjual makanan di kaki lima. Kondisi tubuh yang tidak fit juga dapat menjadi pencetus timbulnya gejala keracunan pada seseorang. Sebagai contoh, saya dan adik pernah memakan ikan laut yang dibeli di tempat yang sama, tapi hanya saya yang mengalami keracunan. Mungkin kondisi tubuh saya saat itu sedang tidak baik.

Untuk kasus keracunan makanan laut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama. Usahakan untuk memuntahkan makanan secepatnya jika gejala keracunan muncul sebelum 4 jam sejak anda memakan makanan tersebut. Ini bisa dilakukan dengan merangsang dinding faring menggunakan jari. Jika anda merasa kesulitan untuk memuntahkan makanan, minumlah air kelapa untuk menawar racun yang masuk ke dalam tubuh.

Cara lain adalah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mencegah racun terserap oleh lambung. Jika ada persediaan Norit, minumlah 3-4 tablet setiap jam maksimal hingga 3 kali (3 jam). Dengan melakukan cara-cara tersebut, gejala keracunan yang timbul akibat makanan laut bisa hilang seketika. Saya sendiri pernah mengalaminya, dan dengan memuntahkan makanan kondisi tubuh saya menjadi jauh lebih baik. Segera bawa ke rumah sakit terdekat jika korban pingsan atau mulutnya mengeluarkan busa. Semoga bermanfaat.

0 comments