Anjing dan Kucing Dilarang Masuk Lampung

INFOBDL, Anjing dan Kucing Dilarang Masuk Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan surat edaran tentang larangan masuknya anjing dan kucing, baik peliharaan maupun liar, dari luar Lampung. Hal ini dilakukan karena tingginya penyebaran virus rabies yang terjadi di provinsi Lampung.

Advertisement

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Provinsi Lampung, Arsyad mengatakan “Hari ini kami sedang membahas instruksi gubernur tersebut, instruksikan larangan segera kami sosialisasikan melalui edaran surat,” Bandar Lampung, Rabu (4/9/2013).

Dia juga menjelaskan, populasi anjing dan kucing di Lampung diperkirakan mengalami peningkatan mencapai 113.000 ekor, dalam kurun sepuluh tahun terakhir. Hewan-hewan tersebut telah menyebarkan virus rabies hingga menimbulkan kematian bagi manusia.

“Dalam instruksi gubernur itu juga, petugas akan melakukan kastrasi atau pengebirian dalam rangka pengontrolan populasi hewan tersebut,” katanya.

Selain pengebirian hewan, selama September 2013, Pemprov juga menyiapkan 51.500 vaksin rabies untuk hewan peliharaan.

“Vaksin ini dapat diperoleh melalui dinas peternakan terdekat atau puskeswan. Hewan peliharaan minimal harus mendapatkan vaksin setiap setahun sekali dalam rangka menekan jumlah penularan rabies,” ujar Arsyad.

Sumber : Kompas

Advertisement


Jadilah Yang Pertama Berkomentar


Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*



MENU
shares