Peneliti CMU Ciptakan Robot Baru yang Mampu Kenali Benda

INFOBDL, Tekno - Dunia teknologi tentu erat sekali kaitannya dengan istilah atau dunia Robot. Baru-baru ini Ilmuan institut Teknologi Robotik Universitas Carnegie Mellon (CMU)  barhasil membuat sebuah robot terbaru yang diklaim mampu menganalisa, mengenali dan mempelajari benda baru.

Dikenal dengan HERB (Home Exploring Robot Butler), para peneliti CMU mengembangkan HERB yaitu robot mobile terbaru yang dilengkapi dengan senjata untuk dapat menemukan, mengenali dan mempelajari lebih dari 100 benda-benda seperti yang ada di sebuah laboratorium dan rumah, mulai dari monitor komputer, tanaman dan banyak lagi. Kebanyakan Robot biasanya dirancang dengan software dimana sudah dilengkapi oleh obyek yang sudah diprogram, dah kemampuan HERB yang dapat mengenali, menganalisa benda baru tentu menjadi kabar baik dan langkah maju dalam dunia robotik.

Para tim pengembang robot CMU menciptakan obyek dalam format digital dan gambar selanjutnya dapat dimuat di memori HERB, penambahan atau pembuatan fitur inilah yang dapat membuat HERB mampu menganalisa dan mengenali benda sendiri, dan para tim percaya bahwa robot HERB kedepannya dapat membantu orang-orang untuk menyelesaikan tugas-tugas kehidupan sehari-hari mereka.

Siddhartha Sirinivasa, Profesor Robotika dan Kepala Lab Personal Robotika mengatakan bahwa kemampuan robot untuk menganalisan dan mengenali bahkan menemukan obyek sendiri tentu menjadi sebuah kejutan bagi para peneliti. Sirinivasa mencontohkan dalam sebuah kasus, siswa meninggalkan sisa-sisa makan siang di laboratorium, dan ketika mereka kembali keesokan harinya ternyata HERB mampu membangun model digital antara tas dan nanas dan mengambil atau memisahkan masing-masing dari mereka. Kami mungkin bahkan tidak mengetahui bahwa benda-benda itu ada tapi HERB lebih dulu dengan sigap melakukannya tambah Sirinivasa.

Robot baru HERB sendiri dilengkapi dengan sebuah sensor canggih bernama Sensor Kinect. Sensor ini memberikan prespektif tiga dimensi dan memungkinkan robot untuk mengumpulkan data tentang bentuk dari obyek yang diamati. Robot HERB juga dapat melihat apakah obyek memiliki tingkat potensi bergerak atau apakah tidak bergerak sama sekali. HERB bahkan memiliki kemampuan memperhatikan apakah ada sesuatu di tempat tertentu dalam waktu tertentu dan juga dapat menggunakan lengannya untuk melihat apakah HERB mampu mengangkat sebuah obyek.

Sumber : RedOrbit

0 comments