Nikmatnya Seruit, Masakan khas Lampung

INFOBDL, Kuliner - Seruit adalah makanan khas Lampung. bagi orang Lampung seruit bukan hanya menjadi makanan khas, tetapi juga media untuk menumbuhkan keakraban dengan sesama. seperti halnya masyarakat adat pada umumnya, masyarakat Lampung juga senang berkumpul.

Seruit pada dasarnya adalah masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. Jenis ikan biasanya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan dalam membat seruit :

Bahan-bahan

  1. 500 gr ikan patin, belide, baung, layis dll (atau bisa dengan ikan mas)

  2. 1/2 sdt garam

  3. 1 buah jeruk nipis


Bahan Sambal

  1. 1 bungkus terasi udang

  2. 50 gr cabe keriting

  3. 100 gr tomat ceri

  4. 3 butir bawang merah

  5. garam secukupnya

  6. tempoyak (duren fermentasi)

  7. 1 buah mangga, iris-iris sekecil mungkin

  8. 1 buah jeruk nipis, peras airnya


Cara Membuat:
Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membuat seruit. Prosesnya, ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, ikan pun dibakar selama sepuluh menit. Saat sudah setengah matang, ikan diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara, sambal untuk campuran seruit adalah cabai merah, cabai kecil, garam, micin, rampai, dan terasi baker. Bahan sambal ini lalu ditumbuk hingga halus.

Untuk menikmatinya, seruit harus ditambahkan dengan tempoyak, yakni durian yang sudah diawetkan dan dihaluskan. Tak ketinggalan untuk menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi timur, terong baker, jengkol, dan daun jambu monyet. Bahan tambahan ini kemudian dicampurkan dan diaduk menjadi satu. Setelah itu, seruit pun siap dinikmati dengan nasi hangat.

0 comments