Gelang GPS Untuk Para Pekerja dan Penyelamat Hak Asasi Manusia

INFOBDL, Teknologi - Ini bisa saja menjadi salah satu trobosan teknologi terbaru yang langsung digunakan oleh manusia, sebuah gelang berteknologi GPS yang dinamakan Bracelet telah diciptakan secara khusus oleh kelompok kebebasan sipil Swedia untuk melindungi para pekerja dan penyelamat Hak Asasi Manusia dari ancaman ketika dalam masa penugasan.
Seperti diinformasikan oleh RedOrbit (6/4) Gelang Brecelet ini diciptakan dalam rangka terinspirasi atau menghormati salah seorang penyelamat dan pekerja Hak Asasi Manusia Chechcen yang bernama Natalia Estemirova yang tewas dalam sebuah penculikan tahun 2009 silam. Dan pengembangan proyek ini sendiri dijuluki dengan "Proyek Natalia".

Adapun fungsi atau manfaat dari Gelang berteknologi GPS Bracelet adalah untuk memberikan kemudahan untuk melakukan pelacakan, sebagai media yang dapat menyampaikan sinyal ke rekan pengguna gelang yang lain ketika penggunanya dalam keadaan bahaya.

Semntara BBC News menginformasikan bahwa gelang Bracelet ini juga didukungoleh teknologi ponsel dimana teknologi ini memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman pesan yang sudah ditulis sebelumnya dan akan dapat dibaca ketika gelang ini diaktifkan.

Sementara kantor berita Inggris memberikan informasi tambahan, dimana gelang Bracelet dapat digunakan untuk mengirimkan informasi tentang pemilik, lokasi, dan juga memungkinkan penggunanya mempublikasikan berita, peristiwa, atau pesan untuk keperluan bantuan atau dukungan melalui akun sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Dan dalam rencananya melalui Direktur Esekutif Pembela Hak Sipil Robert Hardh didapatkan informasi bahwa sedikitnya 55 gelang Bracelet akan didistribusikan pada akhir 2014 mendatang.

Sumber : Via RedOrbit
Foto : Civil Right Defender

0 comments